ANBK atau Asesmen Nasional Berbasis Komputer adalah program evaluasi pembelajaran siswa terbaru pengganti UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer).

Sebelum pelaksanaan ANBK SMKN 1 Calang terlebih dahulu melakukan Gladi dan sosialisasi Tentang ANBK.

SMK Negeri 1 Calang menggelar Sosialisasi dan Gladi Asesmen Nasional  Berbasis Komputer (ANBK) 2023 untuk seluruh peserta didik kelas XI, yang terdiri 5 Jurusan. Sosialisasi Gladi dilaksanakan di SMK Negeri 1 Calang Pada tanggal 21 Agustus 2023 Literasi.  

Literasi adalah kemampuan seseorang dalam mengolah dan memahami informasi saat melakukan proses membaca dan menulis.  Tes literasi dalam ANBK berfungsi untuk mengukur kemampuan pemahaman dan analisis bacaaan. Selain itu, tes literasi juga digunakan untuk mengukur kemampuan siswa dalam menganalisis bacaan. Diharapkan siswa dapat memahami inti dari suatu teks dan menganalisis argumem yang ada. Kemampuan ini penting dimiliki siswa, sebab sangat berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Jika dikaitkan dalam kehidupan nyata, kemampuan literasi berhubungan dengan keterampilan siswa dalam memahami perkataan atau perintah.

    Foto Pembahasan mengenai literasi kepada siswa/i yang akan mengikuti ANBK


Numerasi dilaksanakan pada tanggal 22 Agustus 2023. Tes numerasi adalah suatu kemampuan untuk menerapkan konsep keterampilan dan bilangan berhitung dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, numerasi juga menginterpretasi tentang informasi kuantitatif yang ada disekitar kehidupan. Kemampuan ini dapat dibuktikan dengan adanya rasa yang nyaman terhadap kepandaian dan bilangan untuk mengaplikasikan keterampilan dalam matematika. Keterampilan ini terlihat dalam apresiasi dan memahami yang dijelaskan secara matematis, misalnya dalam berupa grafik, tabel, dan bagan. Kemampuan numerasi ini sangat penting dimiliki oleh semua orang, terutama untuk para generasai saat ini. Adanya kemampuan dalam numerasi akan mendorong seseorang agar bisa terampil dalam menerapkan pengetahuan matematika di kehidupan sehari-hari. Numerasi juga dianggap sebagai kecakapan hidup karena dapat membantu seseorang dalam memecahkan berbagai permasalahan sehari-hari.


Foto Pembahasan mengenai Numerasi kepada Siswa/siswi


Wakil Kepala bidang Kurikulum SMK Negeri 1 Calang, Zahrul Fuadi, S.Pd. I., mengungkapkan bahwa Sosialisasi dan simulasi ANBK bagi semua peserta didik kelas XI untuk menghadapi Asesmen Nasional yang akan diselenggarakan pada tanggal 28 hingga 31 Agustus 2023 yang akan datang. “Ini untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi ANBK dengan memperkuat kesiapan mental, mengasah kemampuan mengerjakan soal, dan membiasakan diri untuk menghadapi berbagai kemungkinan jenis soal,” ungkapnya.


Foto Siswa Ikut Simulasi ANBK

Ia menyampaikan bahwa pelaksanaan Gladi ANBK tiga tahap, yaitu Sosialisasi ANBK, yang dikalsanakan di Ruang Musholla Sekolah SMK Negeri 1 Calang, Gladi Literasi, dan Gladi Numerasi yang dilaksanakan di ruang Komputer.

Regina (panggilan akrabnya) juga menyampaikan beberapa tahapan pelaksanaan ANBK ini. Sosialisasi dan Gladi ANBK dilaksanakan pada 21  Agustus 2023. Kemudian 18 Agustus 2023 dilaksanakan try out ANBK bagi peserta didik yang masuk sampling data, sedangkan gladi bersih dilaksanakan pada pada 21-24 Agustus 2023. Try Out kedua untuk peserta didik kelas XI yang termasuk dalam sampling data 25 Agustus 2023 dengan pelaksanaan ANBK pada 28 – 31 Agustus 2023.

Foto ANBK Literasi

Foto ANBK Numerasi


Setelah melalui berbagai tahapan ANBK tahun ini, mulai dari persiapan (simulasi dan gladi bersih) hingga pelaksanaan yang berjalan dengan sukses,

Menyusun laporan pelaksanaan ANBK membuat kita memiliki dokumentasi tertulis terkait kegiatan yang baru pertama kali diadakan ini, sebagai bahan laporan kepada warga sekolah, komite, dan masyarakat. Selain itu juga bisa menjadi bukti fisik laporan keuangan mengingat penyelenggaraan ANBK ini bersumber dari dana BOS.

Untuk itulah, saya mencoba menyusun Laporan Pelaksanaan ANBK SMK Negeri 1 Calang  dengan harapan memudahkan bagi Bapak/Ibu yang ingin menyusun laporan serupa. Silakan Bapak/Ibu sesuaikan dengan kondisi di satuan pendidikan masing-masing, dan jika masih ada yang perlu ditambahkan bisa dilengkapi sendiri.

Adapun keuntungan lain yang bisa kita dapatkan apabila menyusun laporan kegiatan yaitu sebagai bahan evaluasi untuk pengembangan sekolah ke depan. Seperti ketersediaan PC client sudah cukup atau belum, kecepatan internet, dan hal teknis lain bisa ditingkatkan lagi. Sehingga pelaksaan ANBK yang akan datang di lembaga kita bisa berjalan lebih baik lagi.

Demikian yang dapat admin bagikan kali ini terkait contoh laporan pelaksanaan kegiatan ANBK. Mudah-mudahan bermanfaat.

Penulis : Idaryani, S.Pd

 








Post a Comment

Lebih baru Lebih lama