Kegiatan SACA DI SMK Negeri 1 Calang

Gerakan literasi sering diterjemahkan masyarakat sebagai gerakan membaca saja. Terjemahan masyarakat itu benar adanya. Membaca adalah salah satu jenis kemampuan berbahasa siswa di samping menyimak, berbicara, dan menulis. Membaca juga merupakan bagian dari literasi, membaca tidak bisa dilepaskan dari dunia pendidikan.  Membaca adalah jalan untuk mendapatkan pengetahuan. Orang bijak mengatakan bahwa buku adalah jendela dunia. Jika buku merupakan jendela dunia, membaca adalah kunci untuk membuka jendela dunia tersebut. Tanpa membaca, tidak mungkin terbuka jendela.

Guru dan siswa sedang membaca buku 

Membaca merupakan suatu kegiatan atau proses kognitif yang berupaya untuk menemukan berbagai informasi yang terdapat dalam tulisan (Dalman, 2013: 5). Banyak sumber pengetahuan siswa. Menurut Bobi de Porter dalam Quantum Teaching (2015), sumber pengetahuan siswa berasal dari kemampuan indrawi, seperti melihat, merasakan, dan mencium. Salah satu sumber pengetahuan siswa berasal dari buku-buku. Karena itu, kemampuan membaca siswa sangat diperlukan untuk mendapatkan banyak pengetahuan dari buku-buku pelajaran. Budaya membaca dan menulis memang harus di tanamkan sejak dini mungkin,tidak terkecuali guru. Seorang guru harus bisa memberikan motivasi kepada siswa untuk gemar membaca dan menulis. Budaya membaca dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan guru, sehingga dapat meningkatkan kualitas guru dan mutu pendidikan di sekolah.


Siswi sedang membaca buku


Siswa sedang membaca buku

Sejalan yang di atas, SMK Negeri 1 Calang sebagai salah satu lembaga pendididikan di kabupaten Aceh Jaya menerapkan budaya membaca melalui kegiatan literasi di sekolah. Kegiatan literasi ini diadakan setiap hari selasa setiap minggunya selama 15 menit  sebelum jam pelajaran pertama dimulai. Setiap siswa diharapkan membaca 1 buah buku dan bisa mereview kembali buku yang telah dibacanya. Kegiatan Literasi setiap Selasa ini dinamakan Selasa Membaca atau dikenal dengan SACA (selaSA membaCA). Dengan adanya kegiatan SACA ini, siswa menjadi lebih tertarik untuk membaca buku sehingga dapat meningkatkan minat baca siswa SMK Negeri 1 Calang.

Penulis : Eli Safriani, S.Pd dan Jumaida
Viewer : Muhammad Yani, S.Pd

 







5 Komentar

  1. Salam Literasi.. Program Selasa Membaca sangat mengispirasi dan menambah wawasan pada warga sekolah...

    BalasHapus
  2. Assalammualaikum luar Biasa kegiatan Literasi di SMK N 1 CALANG kegiatan ini bisa meningkatkan minat membaca kepada siswa untuk menambah wawasan yang di dapat
    Namanya adalah SACA SELASA MEMBACA

    BalasHapus
  3. Rahmad Wahyudi
    Tajam pisau karena diasah" salah satu adagium yang berarti bahwa orang yang rajin belajar akan lebih banyak memiliki asset kepandaian. Begitu pula dengan literasi. Semakin sering seseorang berkegiatan literasi, maka akan semakin banyak pula aset ilmu pengetahuan dan teknologi yang dimiliki dari hasil literasi. Generasi yang rajin melaksanakan gerakan literasi dapat disebut sebagai generasi literat.

    BalasHapus
  4. Helmia
    semangat terus jangan sampai mundur

    BalasHapus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama