PESONA LAUT BIRU PULAU REUSAM BAGAIKAN SURGA TERSEMBUNYI



Pulau Reusam merupakan sebuah destinasi wisata di Kawasan daerah Rigaih, Setia Bakti. Luas pulau ini mencapai 16 hektar, dengan menawarkan keindahan yang sangat memukau. Adapun keindahan-keindahan yang dapat di temui berupa macam-macam biota laut, seperti alga, rumput laut, terumbu karang, ikan, ubur-ubur, kuda laut, penyu, dan bintang laut. Keindahan ini dapat dilihat dengan melakukan diving dan snorkeling di laut biru yang dalam.

Perjalanan yang dapat kamu tempuh untuk menuju Pulau Reusam kurang lebih 140 kilometer atau memakan waktu sekitar 2 jam dari Banda Aceh. Ketika kamu sampai, terlebih dahulu kamu mampir di Pelabuhan Rigaih untuk memesan sebuah perahu menuju ke Pulau Reusam. Kamu dapat menaiki perahu tersebut dengan membayar biaya perahu seharga Rp.30.000/orang.

 Pada saat kamu sampai di tepi pulau kamu akan melihat sebuah dermaga kayu tempat perahu-perahu bersandar. Kamu akan disambut oleh keindahan-keindahan dimulai dari pasir yang putih, air laut yang jernih, pepohonan yang hijau, dan bukit-bukit berbatu. Ada beberapa fasilitas yang tidak tersedia di pulau ini, kamu harus mempersiapkan perbekalan makanan, minuman, tenda, dan pakaian ganti. Menurut ketua Pokdarwis setempat, “ kami terus berkolaborasi dengan pemerintah untuk mengembangkan fasilitas-fasilitas wisata di Pulau Reusam ini” ujar Mis’ar, Selasa (27/6/2023)

Sebelum menjadi tempat wisata, pulau ini adalah tempat bermusyawarahnya masyarakat setempat untuk menyelesaikan masalah-masalah dengan menggunakan hukum adat. Namun, seiring berjalannya waktu pulau ini berkembang menjadi tempat wisata yang mengundang banyak wisatawan karena keindahan pulau tersebut. Saat ini sudah ada beberapa fasilitas seperti pondok, kamar mandi, mushalla, dan sumur air tawar. Dengan adanya beberapa fasilitas ini belum memudahkan para wisatawan untuk bermalam di pulau ini. Wisatawan perlu menyediakan beberapa perlengkapan dan perbekalan secara pribadi.

Dari cerita pengalaman seorang siswa SMK Negeri 1 Calang, Rian Alwiansyah, “ Saya menikmati perjalanan dari Pelabuhan Rigaih menuju Pulau Reusam. Terlihat keindahan air lautnya yang jernih membuat saya bisa melihat ikan-ikan yang sedang berenang, saat perahu sudah menepi hamparan pasir putih dan pepohonan yang rimbun serta banyaknya batu karang memberikan kesan tersendiri terhadap pulau ini.” terangnya.

Adapun beberapa tips anti nyesal!. Lakukan perjalanan saat matahari terbit, sediakan perbekalan yang cukup, tenda untuk tempat menginap, dan jangan lupa beberapa baju ganti karena akan menyesal jika tidak menikmati air laut yang jernih di pulau ini. Dengan mengikuti tips-tips ini dijamin anda tidak akan menyesal ketika berwisata ke pulau ini Tetap menjaga kebersihan untuk melestarikan keindahan pulau ini. Berhati-hatilah saat berenang agar tidak menginjak bebatuan karang yang tajam. Ajaklah teman-teman, keluarga, dan sanak saudara untuk menikmati pengalaman indah ini bersama-sama. 

Jadi, Pulau Reusam ini merupakan tempat wisata yang tidak kalah menarik dengan pulau-pulau lainnya. Keindahan dan kenyaman yang diberikan pulau ini sangat luar biasa, dengan pepohonan yang rindang, dan air laut yang jernih. Kami selaku pelajar akan terus mempromosikan di sosial media dan di seputaran masyarakat tentang keindahan-keindahan pulau ini agar terus berkembang dan semakin banyak wisatawan baik dari Aceh Jaya, Aceh, diluar Aceh, dan internasional yang berwisata di Pulau Reusam. 

Jadikan Pulau Reusam tempat tujuan berliburmu karena kamu dapat melihat keindahan pulau tersebut dengan harga yang murah dan efisien. Kapan lagi kamu bisa mengukir pengalaman yang menarik bersama keluarga dan sanak saudara di tempat yang seindah ini!!.

Ditulis oleh:
Rahmat Auliansyah (XI TKRO)
Regina Ulfa Dewinta (XI DPIB)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama